tips bersihkan mobil

4 Cara Membersihkan Mobil Toyota Secara Pribadi Dengan Baik Dan Benar

Posted on

Bagaimana sih cara membersihkan mobil Toyota dengan tepat dan benar? Pada dasarnya jika Anda ingin melakukan proses membersihkan mobil Toyota dengan mudah, maka Anda pun tinggal membawanya secara langsung menuju salon pembersih mobil, akan tetapi untuk melakukan hal tersebut tentunya membutuhkan dana yang cukup tinggi sebagai pembayaran atas layanan jasa dari proses pembersihan serta perawatan mobil. Karena itulah bagi Anda yang ingin menghemat pengeluaran untuk biaya pembersihan atau bahkan perawatan, maka cobalah untuk membersihkannya secara pribadi. Namun tentu saja hal ini harus dilakukan dengan hati-hati sehingga tidak menimbulkan kesalahan pada mobil Anda. Berikut ini adalah beberapa bagian mobil yang penting untuk Anda bersihkan diantaranya :

  1. Bodi mobil

Ketika hendak membersihkan bagian bodi mobil, pastikanlah untuk membersihkannya ketika mobil telah berada dalam keadaan dingin  atau permukaannya terasa sejuk. Karena itulah ketika Anda telah menggunakan mobil tersebut, maka pastikanlah untuk membiarkannya terlebih dahulu hingga suhu yang dimilikinya pun menurun, sambil mempersiapkan peralatan yang hendak digunakan untuk membersihkan, seperti halnya handuk dengan serat mikro yang memiliki bulu tebal, kemudian sabun pembersih. Namun hindari penggunaan detergen untuk mencuci piring karena penggunaan jenis detergen tersebut dapat membuat lapisan cat polimer dari mobil Anda mengelupas dengan mudah. Selain itu, penggunaan pembersih ini juga mempercepat proses oksidasi sehingga bagian bodi mobil Anda pun akan lebih cepat rusak. Setelah itu sediakan pula dua buah ember yang mana satunya digunakan untuk menyimpan pembersih yang berbusa sedangkan satu ember lainnya digunakan untuk mengisi air bersih.

  1. Roda mobil

Cara membersihkan mobil Toyota selanjutnya, yaitu pada bagian ban pastikanlah untuk membersihkannya dimulai dari bagian pelek terlebih dahulu, hal ini dikarenakan pada bagian tersebut terdapat banyak sekali kotoran yang menempel seperti halnya debu atau bahkan minyak. Selain itu, Anda juga disarakan untuk membiarkan sejenak sabun pada bagian pelek tersebut, agar menyerap, sebelum pelek itu tadi disikat dan kemudian dibilas hingga bersih. Selain itu perhatikan pula beberapa hal ini :

  • Untuk penggunaan pembersih dengan basis asam hanya dapat digunakan pada jenis roda alloy dengan tekstur kasar

  • Sedangkan roda chrome dapat dibuat lebih mengkilap menggunakan pembersih kaca atau semir logam

  1. Kaca mobil

Selain bagian ban, bagian selanjutnya yang juga cukup penting untuk Anda perhatikan adalah bagian kaca mobil. Kaca seringkali memiliki noda membandel yang cukup sulit untuk dibersihkan, karena itulah pastikan untuk menggunakan kain dengan serat mikro saat mencuci serta mengelapnya. Namun apabila Anda tidak memiliki kain dengan bahan serta mikro tersebut, maka Anda pun dapat menggunakan kain bersih lainnya yang justru bebas serat. Selain itu perhatikan pula untuk jenis kaca mobil berwarna. Pada dasarnya pewarna pabrik yang digunakan pada kaca tersebut telah melekat dari awalnya, namun pewarna itu sendiri dapat terurai dan rusak jika Anda menggunakan jenis pembersih yang mengandung bahan amonia atau bahkan cuka. Itulah sebabnya sebelum melakukan proses pembersihan pastikan terlebih dahulu untuk melihat bahan-bahan yang digunakannya.

  1. Bagian interior

Pada saat membersihkan bagian interior, pastikan untuk mengeluarkan karpet lantai mobil tersebut, kemudian sedot debu dari karpet itu tadi, selain itu sedot pula debu dari bagian alas, kemudian bagasi, jok, serta rak bagasi dashboard, dan beragam bagian yang kotor lainnya. Untuk proses membersihkannya itu sendiri mulailah dari bagian atas hingga bagian bawah, karena pada umumnya debu atau bahkan kotoran akan terkumpul dan jatuh ke bagian bawah. Dengan demikian, maka proses membersihkan yang seperti ini jauh lebih efektif untuk Anda lakukan.

Setelah selesai, gunakan pembersih busa kemudian gosok menggunakan kain atau bahkan spons basah untuk proses membersihkan noda yang terdapat pada bagian karpet, atau pun jok. Setelah itu, barulah Anda seka dengan handuk kemudian biarkan selama beberapa menit. Cara tersebut dapat Anda ulangi, utamanya jika noda yang menempel belum menghilang, kemudian cuci kembali bagian yang telah dibersihkan dengan spons basah, dan seka kembali. Jika proses pembersihan telah selesai, maka Anda pun dapat mengeringkan bagian yang basah agar tidak terkena jamur.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai beberapa bagian yang harus Anda perhatikan dalam cara membersihkan mobil Toyota secara pribadi dengan baik dan benar.

Our Score